Ridwan Kamil Mengaku Bangga, 6 BUMD Jabar Raih Penghargaan BUMD Award 2021!

Ridwan Kamil Mengaku Bangga, 6 BUMD Jabar Raih Penghargaan BUMD Award 2021!

KOTA BANDUNG – PT Agro Jabar menerima penghargaan sebagai Indonesia Best BUMD Award 2021 “Region, The Front Line of Indonesia’s Economic Recovery yang diselenggarakan oleh Warta Ekonomi dan diberikan oleh Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartato. Ridwan Kamil atau Kang Emil mengaku bangga dengan prestasi tersebut.

“Saya bangga setelah dua tahun reformasi BUMD di Jabar mulai memberikan dividen. Kalau ditanya resepnya apa? Karena kemaren kami seleksi benar-benar SDM nya” kata Ridwan Kamil dalam berita antaranews.com .

Kepala biro BUMD dan Investasi Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jabar, I Gusti Agung Kim Fajar Wiyati Oka mengatakan penghargaan tersebut merupakan penilaian dari Lembaga Penilaian Eksternal yaitu Warta Ekonomi.

Penilaian itu didasari pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 54 tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah. Dalam ketentuan tersebut, BUMD harus mampu menggerakan perekonomian regional diberbagai sektor pembangunan, memberikan manfaat kepada masyarakat, dan memperkuat fiskal daerah.

Dalam berita tersebut ia mengatakan “Pencapaian tersebut merupakan effort dari kegiatan usaha yang telah dilakukan secara berkesinambungan sejak 2018 sebelum pandemic Covid-19 atas kinerja yang dilakukan BUMD Jabar”.

Ia juga menjelaskan, kinerja tersebut dimulai dari seleksi sumber daya manusia yang terbukan dan professional. Kemudian, komitmen rencana bisnis dan evaluasi kinerja menjadi indikator penilaian, termasuk fasilitasi kepada BUMD.

“Hal tersebut terlihat dari peran BUMD dalam menjalankan program-program daerah berjalan dengan baik serta harus melakukan inovasi layanannya melalui berbagai program dan inovasi. Program dan Inovasi tersebut untuk menangani perbaikan sektor-sektor di Jabar, seperti pembiayaan dalam berbagi segmen pelaku ekonomi, infrastruktur, investasi, pertanian, sektor hulu migas, sistem penyediaan air minum, dsb. Serta melakukan sinergitas baik antara BUMD maupun dengan BUMN dan Swasta” .

Perannya sebagai pembina BUMD di Jabar, Agung berharap BUMD juara dengan 3 konsep, yaitu Sehat, Besar, dan Berkontribusi terhadap pendapatan asli daerah (PAD) dapat terwujud. “Dalam hal ini, pemerintah sebagai akselerator dan regulator yang ingin BUMD lebih professional serta menjadi motor penggerak perekonomian di daerah” tuturnya.

Ia mengatakan BUMD memiliki peran strategis di tengah COVID-19. Dengan Inovasi dan kolaborasi, BUMD dapat mendorong pemulihan ekonomi. Pemerintah Provinsi Jabar pun mendorong BUMD Jabar untuk menjadi motor penggerak perekonomian daerah di berbagai sektor. Mulai dari pertanian, pariwisata, sampai logistik.

Sumber Berita: https://www.antaranews.com/berita/2037862/ridwan-kamil-bangga-enam-bumd-jabar-raih-penghargaan-bumd-award-2021#mobile-nav

Edited by: Marcomm PT Agro Jabar — Alisha Nurkhairina

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

statistik pengunjung

  • 0
  • 55
  • 4,730
  • 1

Instagram

Instagram did not return a 200.

Archives